You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
25 Sapi di Jakpus Divaksin Brucella Abortus
Untuk mencegah menularnya penyakit gangguan reproduksi brucellosis, Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta melakukan vaksin brucella abortus terhadap 25 ekor sapi perah yang berada di peternakan Jalan Industri, Kelurahan Gunung Sahari Ut.
photo doc - Beritajakarta.id

25 Sapi di Jakpus Divaksin Brucella Abortus

Untuk mencegah menularnya penyakit gangguan reproduksi brucellosis, Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta melakukan vaksin brucella abortus terhadap 25 ekor sapi perah yang berada di peternakan Jalan Industri, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Virus ini biasanya menyerang organ reproduksi sapi atau kerbau. Penyakit ini dapat mengakibatkan sapi betina yang sedang hamil akan keguguran, terutama pada trimester kedua.

Kepala Seksi Peternakan Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat, Hasudungan menjelaskan, virus brucellosis sendiri awalnya merupakan penyakit reproduksi pada hewan  yang disebabkan oleh bakteri genus brucella sp

3.500 Hewan di Jaktim Akan Divaksinasi

"Virus ini biasanya menyerang organ reproduksi sapi atau kerbau. Penyakit ini dapat mengakibatkan sapi betina yang sedang hamil akan keguguran, terutama pada trimester kedua. Kalau keguguran maka tidak ada susu yang dihasilkan. Akibatnya para peternak merugi,” kata Hasudungan, Jumat (24/10).

Hasudungan menjelaskan, pemberian vaksin ini dilakukan setahun sekali secara gratis. "Hewan yang mengidap penyakit ini bisa dilihat dari bentuk fisiknya, seperti siku atau lutut kaki yang bengkak," ujarnya.

Menurut Hasudungan, penyakit ini dapat menular ke tubuh manusia, terutama petugas kandang atau ibu hamil. “Namun di Indonesia kasus ini masih jarang terjadi. Sedangkan untuk sapi jantan hanya diberikan obat cacing,” tuturnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1124 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1107 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye996 personAldi Geri Lumban Tobing